Tips dan Trik Cara meningkatkan CPC Google Adsense Blogger
Oke lanjut kali ini saya akan membahas seputar CPC Adsense Blog yang kalau saya perhatikan rata-rata berkisar antara Rp 200 hingga Rp 500.

Cara Meningkatkan CPC Google Adsense Blogger
Oke lanjut kali ini saya akan membahas seputar CPC Adsense Blog yang kalau saya perhatikan rata-rata berkisar antara Rp 200 hingga Rp 500. Bahkan ada yang lebih kecil dari Rp 200 yaitu dibawah Rp 100, dan ada pula yang lebih tinggi dari Rp 500 yaitu Rp 600-700.
Pertanyaan yang sering kawan-kawan tanyakan "Gimana sih cara menaikan CPC blog Indo yang bisa di bilang sangat kecil ketimbang blog bule yang bisa menyentuh angka Rp 5000 keatas"
Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan CPC Google Adsense. Namun kali ini saya punya cara sendiri yang berhasil mendongkrak CPC dari kisaran Rp 200 menjadi Rp 600 bahkan lebih.
Tips dan Trik Cara meningkatkan CPC Google Adsense Blogger Indonesia :
1. Jangan Pasang Terlalu banyak Iklan di Blog
Kebanyakan dari kita sendiri punya pikiran seperti ini: "Kalau saya memasang 3 kode iklan dapat menghasilkan Rp 30.000, berarti kalau kita pasang 6 iklan yang akan kita dapat sebesar Rp 60.000"
Masuk akan juga kelihatannya, padahal kenyataannya bukan seperti itu hehe.
Jika semakin banyak slot iklan maka harga CPC semakin turun/dikurangi dan sebaliknya jika slot iklan semakin sedikit maka CPC pun akan disesuaikan menjadi lebih tinggi.
Lalu berapa jumlah banyak iklan yang ideal perbulannya ?
Kalau dari Google Adsense Standarnya maksimal 50% dari konten tersebut.
Kalau menurut Better Ads Standard, tidak lebih dari 30% dari panjang konten.
Tapi saran saya di usahakan jumlah iklan hanya 10%-15% saja.
2. Utamakan ukuran iklan yang digemari Advertiser
Inilah 5 iklan favorit advertiser karena ukurannya relatif besar dan efisien menjaring klik dari pengunjung.
Ukuran Iklan | Umur | Pekerjaan |
---|---|---|
336×280 large rectangle | Desktop & mobile | Bebas |
300×250 medium rectangle | Desktop | Bebas |
728×90 leaderboard | Desktop | Header |
300×600 half page | Desktop & mobile | Sidebar / antar paragraf |
320×100 large mobile banner | Mobile | Header / sticky |
Mau pakai dimensi lain? Boleh saja tetapi utamakan ukuran yang sudah saya sebutkan di atas untuk mendongkrak CPC tinggi.
3. Jangan Pernah Blokir Iklan
Ini mungkin kontradiktif dengan tips para “expert” Adsense yang berkeliaran di grup Facebook, Whatsapp maupun telegram. Mereka menyarankan untuk memblokir iklan dengan CPC yang rendah supaya iklan yang tampil hanya yang CPC-nya tinggi.
Dengan memblokir iklan tidaklah membuat CPC Google Adsense naik!
Pertanyaannya, tahu dari mana harga CPC itu kecil?
Ada banyak sekali faktor eksternal yang mempengaruhi CPC, Bisa jadi karena sedang musimnya CPC rendah. Bisa jadi karena ada masalah di industri terkait sehingga perusahaan memangkas biaya perikalanan.
Trus adanya fitur blocking ads di Google Adsense apa?
Ada banyak kegunaan dari fitur blocking ads tersebut, namun untuk meningkatkan CPC bukanlah salah satunya.
Blocking ads dipakai untuk memblokir iklan yang tidak diinginkan oleh pemilik website tersebut.
Contohnya, memblokir iklan pembesar p pada blog, dsb.
Saran saya jangan mencoba-coba memblokir iklan dengan maksud "Meningkatkan CPC adsen". Justru dengan diblokir, maka advertiser pun tidak perlu bidding CPC tinggi karena persaingan untuk mendapatkan slot iklan lebih longgar.
"Fokus pada pengunjung Anda, semua yang lain akan mengikuti"